Catat, Pemerintahan Jokowi Targetkan Ekonomi Tumbuh 6,6 Persen pada 2016!

Pemerintahan Joko Widodo mematok target pertumbuhan ekonomi pada 2016 diantara 6,4 persen hingga 6,6 persen. Terget pertumbuhan ekonomi ini naik signifikan dibanding target pertumbuhan ekonomi dalam APBN Perubahan 2015 yang dipatok di level 5,7 persen.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago menuturkan, untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tersebut pembangunan infrastruktur harus tepat sasaran, di lokasi yang pertumbuhannya sudah tercipta.

“Tanpa perlu mengorbankan prinsip berkualitas, pertumbuhan ekonomi 6,4 persen – 6,6 persen, inflasi 4 persen, angka kemiskinan 9-10 persen, pengangguran 5,2 persen – 5,5 persen, rasio penerimaan pajak 13,3 persen. Itu target-target tahun 2016,” kata Andrinof dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional, di Gedung Bidakara, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Andrinof menuturkan, untuk mencapai target tersebut, pemerintah menyelenggarakan Musrenbang dengan pemangku kepentingan terkait. Hasil dari Musrenbang ini akan menjadi bahan masukan untuk menyusun Rancangan Kerja Pemerintah (RKP).

“Tahapan perencanaan adalah tahap akhir sebelum jadi ketetapan pemerintah. Akan ditindaklanjuti forum trilateral meeting Bappenas, Kemenkeu, dan Kementerian/Lembaga,” imbuh Andrinof.

Dia menambahkan, rancangan akhir tersebut akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet Mei 2015, untuk ditetapkan menjadi Peraturan Presiden.

“Sistem perencanaan nasional harus mengacu pada RPJMN sesuai agenda Presiden. Untuk lima tahun ke depan, tahun 2016 perlu percepatan pembangunan infrastruktur untuk menjadi agenda prioritas, pangan, maritim, industri,” pungkas Andrinof.



0 Response to "Catat, Pemerintahan Jokowi Targetkan Ekonomi Tumbuh 6,6 Persen pada 2016!"

Poskan Komentar